Kamis, 05 April 2018

LAPORAN KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN SMK MUHAYO

LAPORAN KEGIATAN WIRAUSAHA SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

     



PROPOSAL KEGIATAN
SMK PENCETAK WIRAUSAHA


MERCHENDISE SPART”

SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA
Jl. Tukangan No. 1 Yogyakarta
2018\





A.  JUDUL
Proposal Kegiatan SMK Pencetak Wirausaha
B.  LATAR BELAKANG
Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan Provinsi yang terkenal dengan budaya, pariwisata dan beragam kuliner serta pendidikan. Hal tersebut membuka peluang bagi masyarakat untuk berfikir kreatif dan inovatif sehingga dapat membantu perekonomian.  Perekonomian DIY salah satunya berada di sektor perindustrian. Potensi tersebut dapat dikembangkan melalui SMK.
SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan jurusan Administrasi perkantoran, Akutansi dan Teknik komputer jaringan berusaha mengembangkan jiwa wirausaha peserta didik melalui program kelas wirausaha. Adapun program kelas wirausaha yang sudah berjalan yaitu di bidang merchendise.
C.  VISI dan MISI
1.    Visi
”Mengembangkan dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa dalam meningkatkan perekonomian Yogyakarta”.
2.   MISI
1.      Menghasilkan inovasi produk sebagai ciri khas Yogyakarta
2.      Mengembangkan jiwa dan sikap wirausaha bagi siswa
3.      Mengembangkan inovasi produk sebagai daya tarik masyarakat
D.  KEGIATAN USAHA
Kegiatan usaha yang dilakukan adalah usaha dibidang merchendise berupa MUG dengan memanfaatkan sektor industri di Yogyakarta dalam bidang industri dan pariwisata  yang nantinya akan dijadikan sebagai buah tangan bagi para pengunjung
MERCHENDISE SPART
Merupakan kelas wirausaha yang bergerak dalam pembuatan merchendise (souvenir). Souvenir  yang sudah diproduksi yaitu mug. Awal berdirinya usaha tersebut di mulai pada bulan September 2017 dengan memanfaatkan berbagai potensi di Yogyakarta terutama dibidang industri dan pariwisata. Untuk meningkatkan kegiatan produksi sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lain maka mug yang dihasilkan memiliki inovasi yang berbeda dan lebih mementingkan kualitas.
E.   TARGET LUARAN
·        Target produk :
Pada tahap awal, sesuai dengan kapasitas peralatan produksi, produk yang dapat dihasilkan adalah 200 mug perbulan dengan mempertimbangkan jumlah konsumen yang ditargetkan dengan target penjualan minimal 200 mug/bulan. Pada tahap selanjutnya, jumlah produksi akan ditingkatkan secara bertahap, sesuai dengan perkembangan usaha.
·        Target konsumen :
Konsumen yang ditargetkan adalah usia anak-anak, remaja serta dewasa, dan instansi-instansi baik negeri maupun swasta.
·        Target pendapatan :
Jumlah pendapatan yang ingindiperoleh setiap bulan adalah Rp4.000.000,00.
F.    GAMBARAN UMUM USAHA
·                  Keunggulan Produk
a.       Tahan panas
b.      Kualitas produk sangat baik sehingga tidak mudah pecah.
c.       Sablon yang digunakan menggunakan tinta terbaik sehingga tidak mudah luntur.
·         Perolehan Bahan Baku
Perolehan bahan baku dengan cara menjalin kerjasama dengan pengrajin aneka gelas di daerah pusat industri Kasongan Bantul Yogyakarta.
·          Tempat Produksi
Lokasi pelaksanaan tempat produksi di SMK Muhammadiah 2 Yogyakarta dengan mempertimbangkan kesediaan alat dan lokasi perolehan bahan baku.
·         Media Promosi
Dalam hal ini, media promosi yang akan digunakan untuk menarik minat para konsumen adalah dengan menggunakan brosur dan pamflet dengan tampilan yang menarik. Selain itu juga menggunakan jejaring sosial seperti facebook dan twitter.
·         Strategi Pemasaran
Sasaran konsumen yang ditargetkan adalah instansi-instansi baik sekolah maupun lainnya dan wisatawan baik domestik maupun manca negara serta masyarakat sekitar. Media promosi yang digunakan untuk menarik minat para konsumen adalah dengan menggunakan brosur dan pamflet dengan tampilan yang menarik. Selain itu juga menggunakan jejaring sosial seperti instagram, facebook dan twitter produk sudah dititipkan untuk dipasarkan di MuhaMart (Bussines Center SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Berikut ini dokumentasi proses pembuatan mug.
·      Kerjasama
Kerjasama yang sudah terjalin dengan BTM Kota Yogyakarta dalam penyediaan souvenir mug disetiap kegiatan salah satunya kegiatan rapat tahunan. Selain dengan BTM, kerjasama juga terjalin dengan PAMELA 6 dan di Bussinis center SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta (MUHAYO MART). Berikut ini dokumentasi hasil kelas wirausaha mug. 
  








G.      Struktur Organisasi dan Daftar Siswa
(Terlampir)
  
H.  ANGGARAN BIAYA
1.         Anggaran Biaya Produksi Mug

 
2.         Strategi Penetapan Harga
Penetapan harga yang kami berikan berdasarkan analisis keuangan yang ditetapkan. Sehingga dapat dihasilkan harga sebagai berikut.

       
                                             
















Ø Sehingga dapat ditetapkan harga jual sebesar Rp20.000,00 dengan keuntungan Rp6.500,00/pcs
ACTION PLAN
1.      Agar kita dapat menjual lebih dari yang kita buat selama ini maka Pemasaran di pusat oleh-oleh, event-event wirausaha,  dan event-event yang melibatkan banyak orang/konsumen.
2.      Pada saat sekarang ini Pemasaran di lakukan dengan sistem face to face, dalam waktu yang tidak lama kami akan pasarkan dengan sistem online
3.      Dalam memantau kemajuan action plan ini kami terus berinovasi mengembangkannya
4.      Menentukan brand dan branding dari produk dan usaha, termasuk penentuan kemasan dan tempat atau kardus 
5.      Pembuatan akun instagram, facebook, twitter dan website sebagai media promo
6.      Prekruitan tenaga pemasaran yang siap melakukan pemasaran online dan pemasaran offline mencari peluang promosi dalam beberapa event local
7.      Langkah perkenalan dengan bulan harga promo yang disebar luaskan dengan beberapa informasi radio dan melalui promosi online yang kuat
8.      Langkah promosi dengan beberapa event promosi dan aktif dalam beberapa festival kuliner dalam kota.

SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN BEKERJASAMA
Yang bertanda tangan di bawah ini saya,
            Nama lengkap             : .............................
            Jabatan dalam UKM   : .............................
            Nama UKM                : .............................
            Bidang Usaha UKM   : .............................
            Alamat UKM              : .............................
            No. Telpon/HP            : .............................
Atas nama perusahaan, saya menyatakan bersedia menjalin kerjasama dengan Merchendise Spart SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta,
            Nama lengkap ketua               : Kusni Setiyawati, S.Kom
            NBM                                       :
            Jenis Usaha                             : Merchendise Spart (Mug)
            Alamat Lokasi Usaha              : Jl. Tukangan No. 1 Yogyakarta
            No. Telpon/HP                        : 081227727005

Demikian surat ini saya buat, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.


                                                                                    .................,................
                                                                                    Pimpinan UKM .......
                                                                                   


                                                                                    (.........................................)


                          


Tidak ada komentar:

Posting Komentar